Kamis, 01 Agustus 2013

Peacock Bass Monoculus (Cichla monoculus)

Cichla monoculus (By Rafael Vincent)

   Ikan ini adalah ikan predator yang hidup di perairan Sungai Amazon. Ikan Peacock Bass hidup di air tawar dan ikan ini juga termasuk dalam keluarga  cichlidae. Coraknya yang berwarna kuning dengan garis hitam vertikal memang sangat indah untuk dipandang dengan sirip berwarna merah,hitam dan biru semakin mempercantik penampilan ikan ini.


My baby Cichla monoculus

   Ketika masih kecil atau kira kira panjangnya 3-7cm ikan ini masih berwarna abu-abu dengan garis hitam di ekor dan bintik/totol hitam di badan, tetapi seiring pertumbuhannya maka warna kuning dan motif lingkaran di ekor nya akan mulai muncul dibarengi dengan perubahan warna sirip mereka.

My Cichla monoculus grow up

   Ikan ini juga ikan yang tergolong agresif dan bernafsu makan yang tinggi jika anda memasukan ikan kecil ke dalam tank (akuarium) yang berisi ikan ini pastilah langsung dilahapnya. Ikan ini juga tergolong ikan yang agak manja karena memerlukan oksigen yang tinggi dan air yang bersih. Jaga selalu kebersihan filter anda karena jika filter anda bersih anda tidak harus sering sering mengganti air di akuarium anda. Jika anda terlalu sering mengganti air maka tagihan air anda akan meningkat sehingga pengeluaran anda pun bertambah selain itu juga ketika anda sering mengganti air ikan ini harus beradaptasi lagi dengan air yang baru dan ini membuat ikan mudah stres, jika stresnya sudah tergolong stres berat ikan ini bisa mati.

   Ketika anda memelihara ikan ini dari kecil anda dapat melatih dengan memberi makan ikan ini dengan potongan daging, karena biasanya jika memlihara/membeli ikan ini sudah besar maka ikan ini biasanya tidak mau memakan benda yang tidak bergerak contohnya ikan mati.
Potongan daging ikan Nila
   
Jika anda memelihara ikan ini disarankan meberikan lampu yang terang, jika tidak terlalu terang maka disarankan dengan memberi pasir/batu dengan warna yang cerah karena bisa membantu pembentukan warna ikan ini.



Cichla monoculus (By Kaldera Romadhon)
   Jika anda memberikan substrat gelap dan lampu anda tidak terlalu terang maka warna ikan ini tidak bagus hanya berwarna coklat kehitaman.


My Cichla monoculus 

Karena ikan ini tergolong predator maka anda tidak boleh memasukkan ikan lain yang lebih kecil kecuali untuk makanan mereka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar