Kamis, 01 Agustus 2013

Toman a.k.a Giant Snakehead (Channa micropeltes)


My Channa micropeltes


   Kalian pasti mengira ikan ini adalah ikan Kutuk (Channa striata), ya memang bentuknya mirip ikan gabus karena ikan ini juga satu keluarga dengan ikan gabus yaitu keluarga Channidae. Tentunya ikan ini adalah ikan predator/karnivora yang buas dan lumayan rakus.

   Ikan ini hidup di perairan benua Asia dan biasannya ditemukan di wilayah Asia Tenggara misalnya di Indonesia dan Malaysia. Jika di Indonesia ikan ini banyak ditemukan di wilayah Sumatera dan Kalimantan. Di Kalimantan ikan ini banyak dijadikan ikan konsumsi, berbeda dengan di Jawa, jika di Jawa ikan ini banyak diminati para penghobi ikan predator karena keganasan dan coraknya yang bagus.

Toman di pasar daerah Pasar Sentral, Sanggau Kapuas, Kalimantan Barat
(By Betta Super)

   Di daerah Sumatera ikan ini banyak dijadikan target memancing karena tarikannya yang pastinya mantap, seperti di acara mancing mania Trans 7 yang mencoba sensasi tarikan dari salah satu keluarga Channa ini.
Mas Dudit setelah mendapatkan Toman
(By Mancing Mania Trans 7)

   Jika anda ingin memelihara ikan ini sebaiknya jangan sampai mereka kelaparan, jika mereka kelaparan maka ikan ini tidak segan-segan memakan ikan lai yang ukurannya pun tidak jauh berbeda. Ya memang ikan ini memang ikan yang terkenal dengan keganasannya.

Hampala menjadi korban ikan Toman
(By Mas Tri)

   Tetapi tidak perlu takut asalkan tempatnya cukup dan pakan tersedia ikan ini jarang memakan tankmate, kelebihan ikan ini adalah mudah dipelihara dan tidak mudah mati karena ikan ini mampu mengambil udara dan tahan akan air yang kotor.

My Channa micropeltes
   Ikan ini juga disebut dengan "Red Snakehead" karena jika masih kecil motif ikan ini berbentuk garis merah dari kepala hingga ekor mereka, seiring pertumbuhannya warna merah dibadan akan semakin hilang dan berganti menjadi totol hitam,jika sudah dewasa ikan ini hanya berwarna hitam keungu unguan dan tidak berwarna hijau/merah lagi.

My Channa micropeltes

   Terkadang juga banyak yang mengeluhkan ikan ini karena mati secara tiba-tiba, saya pun pernah mengalami hal itu dan saya masih belum tau apa penyebab salah satu ikan saya ini mati padahal ikan Toman saya yang lainnya sehat-sehat dan makannya tetap rakus. Entah apa penyebabnya saya masih belum bisa menjelaskannya.

My Channa micropeltes (die)

   Walaupun begitu kemungkinannya sedikit, maka jangan ragu untuk memlihara ikan ini dijamin galak, rakus, dan tentunya menghibur.

1 komentar: